Pers Kampus Ikom Gelar Pelatihan Jurnalistik

Pers Kampus Ilmu Komunikasi (Ikom), Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Unpatti mengelar pelatihan jurnalistik sehari bersama wartawan-wartawan di Kota Ambon, pada Sabtu 28 September 2019.

Beberapa wartawan yang terlibat adalah Namira Lessy dari Radio Republik Indonesia (RRI) Ambon, Rahman Patty wartawan Kompas.com dan Taufik Namakule Pimimpin Redaksi liputan.co.id. Mereka kemudian menjadi pemateri dalam pelatihan jurnalistik sekaligus melakukan pembimbingan singkat terkait peliputan.

Yuna, Koordinator Liputan (Korlip) pada Pers Kampus Ikom menjelaskan, keterlibatan wartawan dalam pelatihan itu sangat penting. Mereka bisa menjelaskan proses-proses peliputan secara praktis berdasarkan pengalman masing-masing.

“Jadi kita bisa mengetahui hal-hal apa saja yang sering dihadapi wartawan saat melakukan peliputan. Ini akan menambah pemahaman kita dalam kerja-kerja pers kampus,” terang Yuna.

Menurutnya, banyak dari mahasiswa, khususnya di Ilmu Komunikasi FISP Unpatti belum berpengalaman dalam melakukan peliputan berita. Kita lebih banyak mempelajari teori saat mengikuti pendidikan formal daripada melakukan praktek langsung ke lapangan.

Hal itu membuat mahasiswa tidak terbiasa menghadapi narasumber. Misalkan bagaimana cara membuka wawancara dengan mereka, menggali informasi hingga melakukan kroscek keterangan.

“Bahkan ada yang masih takut melakukan wawancara dengan beberapa orang. Ini karena kita belum terbiasa. Oleh karena itu, lewat pelatihan dan pembimbingan ini kita bisa mengetahui teknik-teknik peliputan seperti yang dipraktekan para wartawan,” katanya.

Mengenai pelatihan tersbut, lanjut Yuna, pihaknya bersama anggota pers kampus Ikom akan menjadwalkan kegiatan serupa secara rutin sehingga bisa diikuti oleh semua mahasiswa.

“Kemungkinan pelitihan seperti ini akan terbuka untuk umum. Semua mahasiswa yang tertarik dengan jurnalistik bisa ikut terlibat,” terangnya. (TIM)

Leave Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *